Linux Ubuntu

Sebagai salah satu turunan Debian, segala fitur yang terdapat pada Ubuntu tidak jauh berbeda dengan Debian.  Salah satu faktor yang dapat dijadikan perhitungan untuk menggunakan Ubuntu adalah Support yang diberikannya.  Bila kita memiliki server yang bersifat komersial, kita dapat membeli support dari Canonical untuk menghadapi segala masalah.

Keunggulan Ubuntu adalah hampir semua fitur Channel Testing dan Unstable pada Debian diadopsi oleh Ubuntu.  Ini menjadikan Ubuntu unggul dalam penggunaan teknologi terbaru.  Dengan support dari Canonical, ada jaminan dari pengguna Ubuntu apabila terdapat permasalahan yang muncul dikemudian hari.

Kelebihan Ubuntu:

  • Ubuntu cepat mengadopsi teknologi baru.
  • Latar belakang Ubuntu yang didukung oleh Canonical, menjadikan Ubuntu responsif menghadapi segala permasalahan yang muncul.
  • Canonical menawarkan jasa troubleshooting yang responsif dan profesional apa bila perusahaan membutuhkan.
Kekurangan Ubuntu:
  • Sistem support yang diberikan bervariasi, kita harus cermat memilih jenis support yang ditawarkan. LTS 5 tahun.  
  • Mesin yang menggunakan Ubuntu harus mengikuti versi Ubuntunya secara konsisten.  Apa bila telah melewati masa supportnya, mesin harus di install ulang (tidak dapat lagi di upgrade).
  • Hanya mendukung mesin / perangkat dengan kategori baru.  Namun, apabila kita memiliki support dari Canonical, mereka dapat memberikan dukungan extra terhadap beberapa masalah kita.
Kesimpulan menggunakan Ubuntu adalah apa bila kita ingin selalu dapat menggunakan teknologi terbaru, Ubuntu adalah pilihannya.

No comments:

Post a Comment