Linux Centos

Centos merupakan de facto distributor linux yang populer dikalangan enterprise.  Salah satu alasan utamanya adalah SELinux yang diadopsi oleh Centos.

Centos merupakan turunan dari Red Hat, sementara Red Hat merupakan turunan dari Fedora Core. Oleh sebab itu ketiga distribution ini memiliki banyak persamaan.  Perbedaan utama dari Red Hat dan Centos adalah Centos didukung oleh komunitas, sementara Red Hat didukung oleh sebuah perusahaan.  Oleh sebab itu keputusan untuk memakai Centos atau Red Had tergantung dari jenis dukungan yang kita ingin dapatkan.

Centos, seperti halnya Red Hat dan Fedora Core, kaya akan fitur - fitur keamanan yang dibutuhkan sebuah perusahaan.  Ini tidaklah berarti Linux distribution lain tidak aman.  Hanya saja Centos telah didesign untuk kebutuhan enterprise (dengan SELinux terinstall secara default).

Ini juga mengartikan proses konfigurasi Centos sedikit lebih sulit, terlebih dibandingkan dengan Debian dan turunannya (Debian tidak memasukkan SELinux sebagai paket default-nya).

Kelebihan Centos:

  • Mengadopsi security yang lebih ketat.
  • Cocok untuk mesin berkelas enterprise.
Kekurangan:

  • Tidak mendukung semua perangkat keras, terlebih mesin lama.
  • Proses konfigurasinya yang komples.

No comments:

Post a Comment