Tutorial PHP - 2. Persiapan Server PHP

Sebelum kita dapat menggunakan PHP, kita perlu terlebih dahulu melakukan persiapan awal. Berikut hal hal yang perlu dilakukan dalam mempersiapkan PHP server kita.

Terdapat berbagai cara untuk mempersiapkan PHP server.  PHP dapat digunakan hampir di semua web server.  Namun demikian, web server yang paling umum digunakan adalah Apache, NginX dan IIS.  Masing - masing memiliki kelebihan dan kekurangan sesuai dengan filosofi diciptakannya.

Berkembangnya popularitas PHP, melahirkan berbagai banyak paket yang mempermudah proses instalasi sebuah server PHP.  Berikut ini contoh paket server PHP yang sering digunakan saat ini:

  1. Windows OS
  2. Linux
    1. LAMP
    2. XAMPP
    3. AMPPS

Namun demikian, penulis lebih suka melakukan instalasi server Apache / NginX, PHP secara manual.  Semuanya kembali kepada jenis applikasi yang hendak kita kerjakan.

Untuk melakukan instalasi server PHP dengan menggunakan paket tersebut di atas, bagi pengguna Windows OS, anda cukup melakukan download file instalasi dari website masing-masing.  Sementara untuk pengguna Linux, anda dapat melakukan instalasi dengan menggunakan perintah apt-get (pada distro turunan Debian) atau yum (pada distro turunan Red Hat).

Pada distro turunan Debian, Anda bisa melakukan instruksi berikut ini:

#apt-get install apache2
#apt-get install mysql-server
#apt-get install php5 php-pear php5-mysql
#service apache2 start

Pada distro turunan RedHat/Centos, Anda bisa menjalankan instruksi berikut ini:

#yum install httpd
#install mysql-server
#install php php-mysql
#service httpd start


Untuk menguji apakah server apakah server Anda telah terinstall dengan benar, silakan coba file berikut ini di web directory Anda.

<?php
    phpinfo();
?>



Berikutnya:
Sebelumnya: Perkenalan PHP

No comments:

Post a Comment