Microsoft Windows XP Migration

Meskipun berakhirnya dukungan tehnis pada Microsoft Windows XP telah lama diumumkan oleh Microsoft, seperti dapat dibaca pada link berikut ini, pemakai setia sistem operasi ini masih cukup besar.  Banyak perusahaan yang menunda migrasi ke versi berikutnya dengan alasan stabilitas, biaya hingga ketakutan akan proses migrasi dapat mengganggu operasional sebuah perusahaan.

Bagi pengguna individu, proses migrasi tentulah tidak rumit.  Berbeda permasalahan yang dihadapi oleh sebuah perusahaan.  Proses migrasi membutuhkan sejumlah perencanaan yang harus dilakukan dengan hati - hati, terlebih bagi mereka yang menggunakan sistem informasi tertentu.  Inilah alasan mengapa Microsoft kemudian melakukan penundaan terhadap penghentian dukungan pada Windows XP pada tahun sebelumnya.  

Sebagai pengembang piranti lunak, mau tidak mau, harus selalu mengikuti pergerakan teknologi yang ada saat ini.  Bila kami menentang arus ini, ini berarti kita harus mengembangkan segala sesuatunya seorang diri.  Proses ini akan sangat membuang waktu dan tenaga dalam proses pengembang piranti lunak.  

Contoh permasalahan yang timbul akibat dari dihentikannya dukungan pada Window XP:
  • Perangkat keras baru tidak lagi dapat berjalan pada Windows XP.  
  • Windows XP hanya dapat menggunakan .NET Framework 4.0 dengan beberapa keterbatasan.
  • Berbagai komponen piranti lunak tidak lagi dapat berjalan di Windows XP, mengakibatkan mengembangkan sebuah produk untuk Windows XP.
Saat ini tidak ada lagi cara untuk menghindari permasalahan yang ditimbulkan dari berhentinya support pada Windows XP, selain dengan melakukan migrasi secepatnya.

No comments:

Post a Comment