Linux: Debian

Debian adalah salah satu distribusi Linux yang paling tua.  Kemampuan Debian telah diakui sebagai salah satu Distro yang paling stabil dan cukup populer di kalangan pemakai linux user.  Ini dapat dilihat pada situs distrowatch, yang mana Debian dan turunannya selalu menduduki puncak teratas.

Debian merupakan sebuah Linux yang dikembangkan oleh komunitas Linux Debian yang dianggotakan para developer dari seluruh Dunia.  Besarnya komunitas dan dedikasi dari para anggotanya, menjadikan Debian begitu kokoh dan menjadi salah satu sistem operasi yang dapat digunakan hampir di semua platform.

Sifat Debian yang stabil ini disebabkan model pengembangannya Debian yang konsevatif, yang mana setiap pengembangannya akan melalui berbagai tahap uji coba yang cukup lama.  Hal ini yang menjadikan teknologi Debian dikatakan lambat untuk berkembang.  Namun demikian, bila kita ingin menggunakan versi Debian yang yang terbaru, Debian pun menyediakan versi yang mengikuti perkembangan teknologi terkini.  Namun demikian, menggunakan versi ini identik dengan adanya permasalahan / bug yang harus selalu melakukan update / patch.

Versi Debian yang stabil dalam komunitas Debian diletakkan dalam Channel Stable, sementara untuk versi Debian yang terbaru berada dalam Channel Testing.  Bagi Anda yang pemula atau menggunakan Debian sebagai tempat kerja, disarankan untuk mencoba Channel Stable.  Sementara bagi Anda yang telah lama terbiasa dengan sistem operasi ini, dapat mencoba Channel Testing.  Terdapat juga satu channel experimental yang disebut Channel Unstable.  Pada channel ini terdapat berbagi fitur - fitur yang terbaru yang sedang dalam tahap pengembangan.  Menggunakan Channel Unstable ini tidaklah disarankan.  Namun bagi Anda yang ingin mencoba melihat fitur masa depan Debian, bisa mencoba channel ini.

Cara instalasi Debian sangatlah mudah.  Anda cukup download Image File NetInstall dari debian dari situs www.debian.com.  Bentuklah file tersebut ke dalam sebuah CD.  Proses instalasi dapat segera di mulai.

Untuk melakukan instalasi Debian, pastikan internet Anda senantiasa menyala.

Kelebihan Debian adalah:
  • Merupakan distro Linux yang paling Stabil di antas semua Linux.  Namun bagi Anda yang ingin menjadi yang terdepan dalam menggunakan teknologi, dipersilakan menggunakan versi Testing.
  • Mendukung berbagi jenis arsitektur komputer.  Banyak komputer tua Anda dapat diinstall dengan Debian.
  • Proses upgrade yang sangat mudah, tidak membutuhkan reinstall.  Tidak membutuhkan proses Reinstall / Install Ulang.
Sebagai perbandingan berikut ini jenis Linux yang penulis pergunakan saat ini dimulai dari yang terbaik:
  1. Sebagai Server
    1. Debian
    2. CentOS (Turunan RedHat / Fedora)
    3. Ubuntu
    4. Fedora
  2. Sebagai Desktop Kerja
    1. Debian
    2. Mint
    3. Ubuntu
Note: Review ini bersifat subyektif atas dasar pengalaman penulis.  

No comments:

Post a Comment