Ilmu SEO - 3. Tehnik SEO

Di dalam dunia SEO terdapat dua jenis tehnik SEO, yaitu White Hat SEO dan Black Hat SEO.  Artikel ini akan membahas secara mendetail masing - masing tehnik.

Bila kita ingin mendapatkan hasil secara cepat, tehnik Black Hat SEO akan menjadi jawaban Anda.  Akan tetapi dengan Black Hat SEO, apa bila kita tidak melakukan memperbaiki konten, berjalan dengan waktu peringkat situs akan turun sendirinya, hingga akhirnya mati.


Search engine memang tidak pernah melarang metoda yang kita pergunakan.  Algoritma search engine memberikan keleluasan kepada kita dalam membangun sebuah situs.  Peringkat situs akan bergerak otomatis sesuai dengan perilaku pengunjung pada situs tersebut.


Menjadi jelas bahwa sebuah situs yang memberikan manfaat akan mendapat apresiasi dari pengunjungnya.  Mereka akan mereferensikan dan bahkan mem-bookmark-nya untuk dibaca kemudian hari.  Tindakan - tindakan tersebut dimonitor oleh search engine dan dijadikan referensi dalam menaikkan/menurunkan peringkat sebuah situs.

Kita kembali pada topik kita kali ini, Tehnik SEO.  Kita mulai dari White Hat SEO.

White Hat SEO

Seperti telah dibahas pada artikel sebelumnya tentang Metodology & Strategi SEO, pengerjaan SEO meliputi dua tahap, yaitu tahapan On Page SEO dan tahapan Off Page SEO.  Seorang penganut White Hat SEO akan memulai proses On Page SEO dengan mengikuti pedoman SEO copy writing yang benar.  Setelah pengerjaan On Page SEO selesai, White Hat SEO akan berlanjut ke tahapan Off Page SEO kepada melalui situs - situs yang berkenaan.  

Berikut ini cara kerja seorang White Hat SEO:
  1. Setelah mendapatkan keyword yang akan digunakan, White Hat SEO akan membuat artikel secara spesifik mencerminkan produk dan jasa yang akan dipromosikan.  Artikel yang dibuat tidak selalu harus panjang.  Namun usahakan, artikel yang ditulisakan informatif dan terstruktur.
  2. White Hat SEO akan membuat ringkasan atas artikel yang dijadikan sebagai description bagi kontent tersebut.  
  3. White Hat SEO kemudian akan mengumpulkan keyword tambahan yang mungkin muncul berdasarkan artikel yang dibuat.
  4. Bila dibutuhkan, White Hat SEO akan menambahkan artikel lain yang memiliki korelasi atau menarik untuk dibahas atau pun diketahui bagi pengunjung situs Anda.
  5. Apa bila semua telah selesai, White Hat SEO akan melakukan format dan tagging seperlu-nya atas kata - kata yang menjadi keyword Anda.
  6. Setelah selesai, White Hat SEO akan mempublish artikel tersebut dan kemudian menciptakan cukup beberapa backlink yang relevan dengan artikel tersebut.  
Tugas seorang White Hat SEO selesai sampai di sini.  Selanjutnya, biarkan search engine yang bekerja dan pengguna internet di seluruh penjuru dunia ini yang menilai artikel tersebut.  Bila artikel tersebut memang bermanfaat, peringkat situs tersebut akan terus meningkat tidak terbendung.

Pada kasus tertentu, sering terjadi peringkat sebuah situs kemudian turun.  Ini mungkin terjadi akibat dari pertumbuhan konten situs pada keyword yang sama.  Apa bila dipandang perlu, seorang White Hat SEO akan melakukan tindakan - tindakan khusus untuk menegakkan kembali popularitas situs tersebut.

Black Hat SEO

Seorang Black Hat SEO melakukan segala sesuatu yang bertentangan dengan White Hat SEO.  Tujuan dari seorang Black Hat SEO adalah melakukan segala cara agar volume pengunjung dan peringkat situsnya meningkat dengan cepat.  Demi menjaga keuntungan, banyak perusahaan jasa SEO menggunakan metoda ini.  Alasannya sangat mudah, mereka bisa menerima bayaran dari pelanggan mereka dan kemudian mencari pelanggan baru.  Akan tetapi, tehnik SEO ini tidak akan bertahan lama.  Ketika ternyata sang pelanggan mulai komplain atas menurunnya pengunjung & peringkat situs mereka, perusahaan jasa SEO tersebut dengan mudah akan mengajukan jasanya untuk melakukan optimasi kembali.

Berikut ini cara kerja seorang Black Hat SEO:
  1. Setelah mendapatkan keyword yang akan digunakan, seorang Black Hat SEO membuat artikel yang kandungan beritanya kurang relevan.  Keyword yang akan digunakan cenderung dipaksakan dan tidak informatif ketika dibaca.  Banyak kasus, artikel tersebut adalah hasil copy paste dari situs yang lain.
  2. Setelah artikel selesai dikerjakan, Black Hat SEO membuat description yang hanya menitik beratkan pada keyword saja.
  3. Hal yang sama dilakukan pada pengisiaan keyword artikel tersebut.
  4. Terakhir Black Hat SEO akan melakukan tagging pada sekujur tubuh artikel.
  5. Selesai artikel di publishBlack Hat SEO akan memasang back link dari semua tempat tanpa memandang korelasi artikel yang dibuatnya. 

White Hat SEO vs Black Hat SEO : Kinerja

Secara finansial, keuntungan seorang Black Hat SEO cenderung lebih menguntungkan.  Waktu bekerja seorang Black Hat SEO rata - rata kurang dari 1 jam.  Sementara seorang White Hat SEO terkadang membutuhkan waktu 1/2 hari untuk menyelesaikan sebuah proyek.  Dari sini Anda bisa membayangkan, berapa pemasukkan seorang Black Hat SEO.

Namun bila kita bandingkan dari kinerja jangka panjang, seorang White Hat SEO akan mendapatkan kepercayaan lebih, karena peringkat setiap artikel yang ia ciptakan, akan terus tumbuh dan berkembang, di mana artikel seorang Black Hat SEO akan perlahan - lahan menghilang dari peredaran.

White Hat SEO vs Black Hat SEO : Hasil Kerja 

Sebagai perbandingan kita menggunakan keyword "Bola Basket".

White Hat SEO:
  1. Menciptakan artikel tentang "Bola Basket" dengan semua hal yang memiliki relasi dengan kata kunci tersebut.  
  2. Seorang White Hat SEO, akan cenderung membuat 2 -3 artikel pendukung lain yang berhubungan dengan "Bola Basket" atau menggunakan kata kunci tambahan yang dekat dengan kata kunci "Bola Basket".  Artikel tersebut akan dilink satu dengan yang lain agar lebih informatif bagi para pengunjungnya.
  3. White Hat SEO akan membuat description yang menarik dan informatif atas artikel tersebut bagi pembaca dan search engine, seperti: "Tutorial bermain Bola Basket bagi segala usia".
  4. Berdasarkan artikelnya, White Hat SEO akan menambahkan tambahan keyword yang mungkin muncul dari artikel yang dibuatnya seperti: Bola Basket, Olah Raga, Permainan Bola.  Hal ini untuk mempermudah kerja search engine dalam melakukan pengindeksan artikel kita.
  5. Setelah mem-publish artikel tersebut, White Hat SEO akan mencari situs situs yang berhubungan dengan artikel yang dibuat atau pun komunitas yang telah tersedia untuk kategori artikel yang dibuat untuk menciptakan back link secukupnya.  

Black Hat SEO:
  1. Antara copy paste atau membuat artikel apa pun yang tidak ada hubungannya dengan "Bola Basket", tetapi kata kunci tersebut disisipkan secara paksa di antara kalimat yang ada.  Terdapat versi yang lebih brutal, dimana seorang Black Hat SEO, hanya melakukan copy paste kata "Bola Basket" berulang kali hingga ratusan kali.  
  2. Black Hat SEO akan membuat description secukupnya, bahkan hanya menyebut kata "Bola Basket".
  3. Black Hat SEO sesungguhnya tidak mengerti artikel yang sedang dia kerjakan.  Oleh sebab itu, keyword yang digunakan hanya "Bola Basket".
  4. Setelah mem-publish artikel, Black Hat SEO akan menciptakan jejak back link di mana - mana, baik tempat yang relevan atau tidak.  

Mengapa Black Hat SEO Bisa Berhasil?

Apa yang dilakukan seorang Black Hat SEO adalah melakukan manipulasi atau menipu search engine.  Dikarenakan penerapan SEO pertama kali dimulai oleh search engine atau sebuah mesin, peringkat artikel ditentukan melalui jumlah kata kunci pada sebuah artikel.  Mesin tidak dapat menilai mutu sebuah artikel.

Namun sejalan dengan waktu, ketika artikel tersebut tersentuh oleh para pembaca diseluruh dunia, bagaimana tanggapan pembaca terhadap sebuah artikel akan menjadi faktor utama dalam menentukan peringkat.

Untuk mencegah agar kita tidak jatuh dalam perangkap seorang Black Hat SEO, ada baiknya kita bertanya kepada seorang praktisi SEO, tentang bagaimana metoda dia bekerja.  Bagi kita yang tidak memiliki waktu yang banyak untuk mengerjakan artikel SEO, menggunakan profesional jasa SEO sangat membantu tercapainya tujuan kita.  Namun memberikan kuasa kepada pihak lain, tidak berarti kita tidak terlibat sama sekali.

No comments:

Post a Comment