Ilmu SEO - 2. Metodologi & Strategi

SEO
Tidak ada cara cepat dalam mengimplementasikan konsep SEO.  Selain itu para praktisi SEO menggunakan berbagai metoda dalam mengejar lalu lintas pengunjung ke situs mereka masing - masing yang terkadang kala menyalahi aturan yang ditetapkan oleh sebuah search engine.  Meskipun terjadi peningkatan jumlah pengunjung akan situs mereka, peringkat mereka akan sangat mudah turun bila terdapat sebuah situs yang mampu memberikan konten yang lebih berkualitas.

Pada artikel berikut ini, kita akan membahas metoda membuat SEO yang berkualitas yang dapat bertahan dan memberi manfaat bagi para pencari informasi.  

RUMUS KERJA SEO

Sebelum menperdayakan SEO, kita harus memikirkan 5 hal dalam perumusan SEO:
  1. Kata kunci / Keyword merupakan kata yang menjadi acuan bagi search engine untuk menghasilkan indeks.  Pilihlah kata - kata kunci yang tepat sebagai identitas atas situs kita.
  2. Konten / Artikel yang harus dibuat sesuai dengan keyword yang telah kita pilih sebelumnya.  Keyword harus terdistribusi rata pada sepanjang konten berita. 
  3. Struktur / Format konten yang disusun harus ramah bagi search engine.  
  4. Manfaat bagi pengunjung yang mengunjung konten kita.  Sebuah konten yang baik akan menumbuhkan pengunjung situs secara alami.  Manfaat yang diberikan oleh situs tersebut akan memberikan jaminan berkembangnya basis pengunjung tetapnya.  
  5. Waktu.  Beri waktu untuk menumbuhkan peringkat situs kita secara alami.  Jangan memaksakan peringkat dengan memaksakan metoda - metoda tertentu.  Search engine saat ini memiliki algoritma dalam menentukan peringkat sebuah situs secara alami.  Apa bila search engine menganggap terdapat kecurangan berhubungan dengan peringkat situs kita, search engine dapat secara otomatis menurunkan peringkat situs kita.
SEO COPY WRITING

SEO copy writing adalah metoda penulisan artikel yang dapat dibaca baik oleh kita dan juga ramah bagi proses pengindeksan search engine.

Berikut ini adalah susunan yang baik bagi pembuatan SEO copy writing:
  1. Konten Title
  2. Konten Description
  3. Konten Keyword
  4. Konten Heading
  5. Konten Berita
Bagaimana cara membuat artikel dengan mengikuti susunan tersebut, akan dibahas pada kesempatan lain.

Performa SEO dipengaruhi oleh 2 faktor: 
  1. Dalam Konten Berita / On Page SEO, yang mana kita lakukan dengan mengikuti SEO copy writing yang baik.
  2. Luar Konten Berita / Off Page SEO, yang dapat kita kembangkan dengan mendaftarkan situs kita ke search engine, memasang tautan / link dari situs lain (backlink).
Berikutnya: Tehnik SEO
Sebelumnya: Pengenalan SEO

No comments:

Post a Comment