Corporate Hosting Service

Proses hosting menjadi sebuah dilema ketika kita tidak memiliki dasar pertimbangan yang jelas atas tujuan dari sebuah hosting dimiliki.  Namun bagi perusahaan besar, dimana masalah finansial tidak menjadi masalah besar, mereka cukup memilih paket hosting yang termahal.  Mereka mengasumsikan, paket hosting tersebut pastilah dapat mencukupi segala hal yang mereka perlukan.  Asumsi ini tidaklah sepenuhnya salah demikian pula benar.

Memilih hosting yang tepat harus diimbangkan dengan berbagai pertimbangan dari dalam perusahaan, seperti kebutuhan operasional, strategi dan sumber daya yang dimiliki sebuah perusahaan.  Menciptakan sinergi adalah kata kunci ketika sebuah perusahaan memutuskan untuk memanfaatkan teknologi informasi.  Tidak jarang terjadi memiliki hosting adalah sebuah formalitas memiliki untuk menempatkan situs atau email khusus perusahaan.  Bila hanya dua ini kebutuhan yang dimiliki oleh perusahaan, mengapa tidak perusahaan tersebut menggunakan email hosting dari perusahaan hosting yang telah ada sekarang, sebagai contoh gmail.com.  Apa bila kita memandang, email dengan domain gmail.com tidak mencerminkan tingkat eksklusif perusahaan kita, kita cukup memberi DNS dan mengasosiasikan alamat gmail kita kepada DNS tersebut.  Hasilnya: kapasitas email yang jauh lebih besar, server email yang lebih baik, dukungan tehnis yang sangat baik, yang mana semua itu tercapai dengan harga yang jauh lebih murah.  Dengan demikian, untuk apakah kita harus memiliki jasa hosting?

Tidak pula jarang sebuah perusahaan membayar mahal jasa hosting setiap bulannya, hanya untuk meletakkan situs perusahaan yang telah disusun dengan anggaran yang tidak murah.  Hasilnya, hanya sejumlah kecil atau bahkan tidak tidak ada satu pun pengunjung membuka situsnya tersebut.  Bila demikian yang terjadi, kita dapat menggunakan berbagai hosting gratis yang tersedia banyak.  Seperti halnya email, kita dapat membeli sebuah DNS yang menggambarkan nama perusahaan, sehingga situs kita terlihat lebih elegan.  Harga yang lebih murah, namun kualitas situs kita jauh lebih baik.

Agar tidak terasa sia - sia, memiliki jasa hosting harus diikuti dengan perencanaan atas bagaimana sebuah perusahaan akan dikelola.  Pemanfaatan teknologi informasi dipertimbangkan bagaimana membawanya sebagai alat bantu bagi perusahaan untuk menunjang operasional dan pengembangannya.  Janganlah menjadikan teknologi informasi hanya sebagai simbol identitas belaka, dan pada akhirnya TI dipandang sebagai beban dan komponen yang tak bernilai.

Sebelum membeli sebuah paket hosting adalah penting bagi kita untuk mempertimbangkan jenis aplikasi apa yang akan kita pergunakan, ditunjang dengan hosting kita, tidak hanya email atau situs perusahaan.  Inilah pertimbangan utama bagi kita.  Memiliki situs perusahaan adalah penting bagi sebuah perusahaan, tetapi bila kita tidak mampu memanfaatkan situs tersebut, situs tersebut tidak akan bernilai apa pun.  Penggunaan alasan branding atau citra perusahaan pun tidak akan bermanfaat, bahkan tidak jarang berakibat melemahkan citra perusahaan.

Hal berikutnya adalah bagaimana aplikasi tersebut bermanfaat bagi internal atau operasional perusahaan.  Internet adalah alasan utama terciptanya mobilitas bagi kita.  Sebuah perusahaan harus mempertimbangkan, bagaimana tingkat mobilitas yang ingin diadopsi perusahaan.  Sesuaikan kebutuhan perusahaan dengan paket hosting yang ditawarkan.

Hal terakhir adalah bagaimana manfaat hosting bagi strategi marketing perusahaan.  Poin terakhir inilah yang menciptakan citra perusahaan.

Apa bila kita belum mampu menjawab tiga hal tersebut di atas, ada baiknya kita menunda memiliki sebuah hosting.  Bila sekira kita tetap ingin memilikinya, mulailah dengan jasa hosting yang paling sederhana.


No comments:

Post a Comment